Pergeseran peran Teknologi Informasi (TI) di dalam perusahaan juga menuntut perubahan peran seorang CIO (Chief Information Officer), dari sekedar seorang ‘punggawa’ TI perusahaan menjadi lebih masuk ke ranah bisnis dan strategis perusahaan. Tapi awas, pergeseran peran ini bisa memunculkan friksi dan tumpang tindih di struktur manajemen perusahaan. Selama lebih dua dekade, secara fundamental banyak terjadi perubahan pada fungsi TI korporat. Selain banyak bermunculan teknologi baru seperti RFID dan lain sebagainya, fungsi TI sendiri mengalami pergeseran peran di dalam perusahaan.
Dulu, aplikasi-aplikasi TI lebih berperan dalam mengotomatisasi proses-proses bisnis yang ada. Kini, TI memungkinkan muncul proses bisnis baru. Kalau dulu aplikasi-aplikasi TI lebih berperan di bagian administrasi (back-office) seperti bidang keuangan (finance) dan sumberdaya manusia (human resource), maka kini aplikasi-aplikasi TI semakin tampil “ke depan”, misalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi hubungan dengan pelanggan (customer interface) maupun sistem penyediaan (supply-chain).
Aplikasi-aplikasi TI masa kini memungkinkan para pengelola bisnis melakukan hal-hal baru seperti mengidentifikasi kastamer perusahaan yang memberikan keuntungan paling besar dan kemudian memperlakukan kastamer itu secara khusus. Pada saat yang sama, perusahaan pun bisa mengubah cara mereka menjual produk dan jasa ke kastamer lainnya, atau malah menghentikan penawaran sama sekali.
Hal-hal semacam ini tentunya juga membutuhkan perubahan paradigma bagaimana perusahaan mengatur core business-nya selain secara paralel juga melakukan perubahan-perubahan di bagian-bagian kritikal seperti perencanaan, kompensasi dan alokasi sumberdaya. Tanpa ini, kapabilitas aplikasi TI tidak bisa termanfaatkan penuh.
Pergeseran peran TI dari pengotomatisasi proses bisnis menjadi business growth enabler tak pelak membawa perubahan pada peran orang-orang yang bertanggung jawab pada strategi dan penggelaran TI di perusahaan-perusahaan, yakni para chief information officer (CIO) atau jabatan lain yang setara fungsinya dengan CIO.
Seperti diungkapkan di dalam laporan riset Gartner yang bertajuk ”Growing IT’s Contribution: the 2006 CIO Agenda”, yang dikeluarkan awal tahun ini, peran para CIO akan mengalami pergeseran besar dari awalnya lebih fokus ke dalam terkait dengan agenda teknologi perusahaan menjadi lebih fokus ke luar terkait bisnis dan hal-hal strategis.
“Perusahaan-perusahaan mengharapkan TI untuk memainkan peran yang lebih signifikan untuk mendukung pertumbuhan dan daya saing perusahaan, tidak hanya sekedar mengelola proses operasional (TI),” kata Marcus Blosch, vice president and research director, Gartner Executive Programmes (EXP).
Tak dipungkiri, tuntutan-tuntutan semacam ini tentunya mengharuskan CIO memiliki skill set yang berbeda. Jika dua dekade lalu keahlian teknis, dan kemampuan untuk melakukan assessment dan implementasi teknologi merupakan hal terpenting, kini CIO pun dituntut untuk juga bisa berbicara dalam bahasa bisnis. Karena, bagaimana pun juga, untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing perusahaan, membutuhkan kolaborasi yang erat dengan pihak bisnis. /aa/gartner
Bergesernya Peran CIO
Posted by
pradhana
at
Sunday, May 25, 2008
Labels: Insights
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Search
Categories
- Blogging (1)
- Business Case (10)
- Insights (5)
- Inspiring Company (3)
- Inspiring Person (1)
- IT Professional (1)
- Leadership (13)
- Management (3)
- Vision (20)
Archive
-
Recent POSTS | IT Professionals
-
CIO ROLE | Personal Leadership
-
SUSTAINABLE IT | Ted Samson
-
IT VALUE | Enterprise
-
Recent COMMENTS | IT Professionals
-
E-COMMERCE | Optimization
-
WEB SERVICES | Development
-
TECH Resources | For IT Professionals
CIO | UPDATE
IT Professional | RESOURCES
Enterprise | IT
Making | IT WORK
Developer | UPDATE
ICT & INTERNET | Business
MOBILE | Wireless
Tom Peters | STRATEGIES
LEADERSHIP | Tips
BLOGrolls
- Basic Overview of Role of Chief Executive
- Building Knowledgeable Organisations
- Collaborative Thinking
- Collective Genius
- Evolving Excellence
- Human Capital Management
- Knowledge Management
- Management Issues
- Managing Leadership
- Presentation Zen
- Reputation Management
- Small Business Time Management
- Strategic Human Capital Management (HCM)
- Successful Leaders and Managerial Skills
- Talent Management
- The Secret Language of Leadership
0 comments:
Post a Comment